My Blue Thunder Heart’s BLOG

Paradigma Keimanan

Posted on: 27 September 2011

Benar

sang awan nampak kian menghitam jika sudah saatnya langit meniduri kegelapannya dengan penuh pekat kehitaman. Sangat hitam seperti sangkaan seseorang terhadap bapak bapak tua yang sedang menggunakan keilmuan agamanya lewat tutur kata. Sangat hitam bisikan negatif pada pola pemikiran bapak tersebut, sedang niatnya saja belum teloransi pada sekehendak lainnya. Dan bapak tua tersebut sedang duduk membisu di dekat perbatasan antara gereja dengan sebuah masdjid tua yang megah tersebut. Dengan sedikit kelemahannnya dia menyambut uluran tangan sang Rohaniawan yang hendak mengajaknya menikmati segelas air teh hangat. Dan tanpa rasa curiga dengan tanpa memberi sesuatu pemikiran yang beda laki laki tua tersebut mengikuti ajakan nya tersebut dengan penuh suka cita. Apakah sebuah perbedaan Iman akan selalu terpandang sebagai sebuah permusuhan? Agamakah yang mesti menuntun manusia menjadi baik atau sebaliknya? Sedangkan Tuhan adakah berada disimpang perbedaan tersebut? Ach,terkadang bisikan lebih murni pendengarannya daripada siraman rohani dariNya. Dan laki laki tersebut asyik bertukar pemikiran dengan penuh keakraban dengan tetap tak melihat dari sisi perbedaan mata rantainya sebuah keimanan.

Laki laki dengan sorban putih dengan baju koko yang sedikit nampak lusuh tersebut tetap terus berjalan menuju ke masdjid setelah berbincang dengan sang rohaniwan.Dengan senyum yang nampak maniz meski usia senja lebih nampak di sekitar kulit sekujur tubuhnya. Dan laki laki tersebut terus melangkah memasuki ruang utama masdjid tersebut untuk melaksanakan sholat magribnya. Sedang di luar langit masih saja menghitam pekat diatas awan.

saling toleransi antar sesama yuk kawan!

62 Tanggapan to "Paradigma Keimanan"

(Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
Keimanan dan keyakinan adalah urusan hati dan pribadi masing-masing berkaitan dengan Tuhannya. janganlah itu kemudian menjadi jurang dalam bersosial dan bernegara.

tentunya sebagai sesama manusia.

Adanya perbedaan untuk bisa disatukan maknanya dan saling dihargai intinya, karena msing-masing punya nilai hakiki sebagai pelayanan sejati kepada Yang Maha Kuasa.
SALAM hangat dari Kendari..🙂

malam bang blue…
Manusia diciptakan dengan 1001 ragam keyakinan dan perbedaan, dengan demikian sangatlah jamak apabila kita sebagai manusia menemui perbedaan keyakinan dalam perjalan hidup kita, yang penting kita bisa menyikapi perbedaan tersebut dengan bijak🙂 *so tau ya gw* heheheh

iman tiap orang beda2.. tergantung pribadinya sendiri bagaiamana mereka memelihara imannya🙂

knjungan perdana stelah hiatus.. hhe😀

pagi blue,,,
selamat beraktivitas,,
salam hangat dari reza,,,😀

Heeee mirip tapi tidak sama bahasa disini lebih bagus,, sebaiknya kita tidak perlu meributkan perbedaan itu , kalau tidak salah saya pernah membaca dalam sebuah buku disana dituliskan “dalam Q.S. 2:213 manusia pada mulanya merupakan kelompok manusia yang satu, satu umat, satu bangsa dan menyebar kemana-mana dalam ruang geografi yang terpisah, kemudian membangun kelompok-kelompok menjadi suku dan bangsa, kurang lebihnya begitu”

kok hari ini denuzz ketemu banyak postingan yang serius ngomongin agama …
denuzz minta maaf ya, blue …
denuzz gak bisa kasih pendapat … tepatnya sih gak berani … takut salah dan jadi fitnah aja nanti …

salam akrab dari burung hantu …

perbadaan bukan alasan yang pantas menjadi biang permusuhan😀

Perbedaan, membuat hidup menjadi lebih hidup dan berwarna🙂

dengan kedewasaan, kita pasti mampu menyikapi perbedaan dengan cara yang indah…
selama tidak mengganggu satu sama lain dalam urusan ibadah kepadaNya…
salam hangat dari bangauputih🙂

Terus melakukan Muhasabah diri dan membuka hati untuk agar kita mampu menerima hal2 yang baik dari orang lain. Sehingga pintu ilmu terbuka . jadi setiap kebaikan tidak saja dari nurani namun dari Siraman rohanipun bisa. Khawatir kata hati kita salah…
Hmm pembenaran terhadap kesalahankan fatal. ….Bila suara Rohani orang lain saja tak mampu kita tangkap . jangan2 kita banyak dosa sehingga siraman rohani ga nyakut ke hati kita.

Merunduk dan merenung untuk diri.

Blue kalo mau itikaf persiapkan dari sekarang silahkan di baca di http://kawanlama95.wordpress.com/2010/08/25/itikaf-10-hari-terakhir/

numpang komen ah….
keimanan? cuma kita yang merasakan Tuhan….follow your heart…..

semua mengajarkan sama
kebaikan, ketentraman hati dan persaudaraan
nice topic, friends ;b

tentang iman…
keyakinan yang tak dapat dipaksakan pada orang lain
dan tidak pula bisa dipaksakan pada diri kita ^^

untukmu agamamu, untukku agamaku. Saling menghormati, saling menyayangi, saling mengerti, tanpa ada rasa ingin mencelakakan orang lain…🙂

perbedaan itu indah.. yang penting tidak menggangu antar sesama, saling menyayangi dan menjaga kerukunan antar sesama makhluk ciptaan tuhan.

thnksinfonya sob..
sesama manusia memang harus begitu

Adanya perbedaan itu memang tidak untuk dipertentangkan, tapi lebih manis untuk dipandang sebagai keragaman yang harus saling dihargai sehingga sungguh akan memperkaya khasanah kebudayaan dan keagamaan.
salam kekerabatan.

pelangi akan tetap indah kalau tidak hanya terdiri dari satu warna

kunjungan pagi sebelum melakukan aktivitas , aku mau bagi2 foto silahkan klik di foto-foto-masjid-muammar-qaddafy-qaddafy-islamic-centre

dalam masalah aqidah sudah paten gak boleh dicampur adukkan, tapi dalam masalah muamalah, hubungan sosial, semua bisa berperan dan bekerjasama

Setuju dengan pendapat Mas Ekopras. Islam sudah memberi pedoman yang lengkap dan jelas tentang tata cara berinteraksi dengan non muslim

Semoga paradigma keimanan selalu melekat

Setahu saya, Tuhan pun tidak pernah membedakan hambaNya berdasarkan agama. Dalam Al Qur’an, Tuhan selalu berseru “Hai orang-orang yang beriman!”, bukan “Hai penganut agama A!” Manusia sendiri yang menjadikan agama sebagai pemisah. CMIIW

idem sama sya… 🙂

untuk hubungan sosial masyarakat ya seperti cerita blue lah,,
dan soal keyakinan mereka pegang masing2 deh.. kalo ini terjadi damainya dunia🙂

Mungkin akan lebih nikmat andai keseimbangan hubungan di antara Tuhan dan manusia,manusia dan sesama makhluk ataupun alam sekitar tetap terjaga.
Salam..🙂

Justru dengan perbedaan itulah lahir ilmu pengetahuan, Blue.

meskipun berbeda-beda tetap satu jua, hanya beberapa oknum yang memprofokasikan hal yang tidak seharusnya terjadi..

Hidup itu penuh warna.
Jadikan perbedaan menjadi suatu keunikan tersendiri.
Tidak ada pembatas antara agama yang satu dengan yang lainnya.
Toh semua mengajarkan kebaikan.
Jadi, mulailah merangkul antar satu yang lainnya, tanpa membedakan perbedaan tsb🙂

setuju bang
p cabar
thx y
salam

Perbedaan adalah anugerah, dan persamaan adalah hidayah. maka jaga keduanya dengan sebaik-baiknya.

indahnya kalau tulisan diatas terjadi secara menyeluruh di negara ini.. Dimana yang terlihat saat ini hanya menjunjung tinggi perbedaan dan kepentingan masing-masing..
Tidak memperlihatkan umat yang beriman dari apa yang dipercayanya… maka secara tidak langsung merendahkan kepercayaan yang dianutnya itu sendiri..

mohon ijin blog ini saya link di blog karyaguru.com
terimakasih

benar kawan
sangatlah indah jika perbedaan bukanlah senjata tuk saling mnyakiti
salam

bagimu agama mu dan bagiku agama ku.

perbedaan itu seperti pelangi.
Jika bisa bersanding damai dengan perbedaan yang plural di masyarakat, perbedaan itu bisa seindah pelangi

setuju blue sama pendapatmu,kawan
salam

Perbezaan yg tercipta hanyalah di mata manusia
Namun di sisiNYA,kita semua sama..
Yang membezakan kita cuma amalan…

benar sangat kawanku
salam hangat untuk mu dari blue

keimanan erat kaitannya dengan keyakinan.. keyakinan biarlah jadi kepemilikan pribadi..🙂

wow xsangka blog saya disinggah dari sini.. thanks ya..;)

nice blue…….suka banget sama tulisan blue

salam

pa chabar, Blue ?

sekedar menyapa melepas rasa kangen…
salam superhangat.

muga ianya bukan mimpi…

salam singgah dari syahthebest..
post yg menarik.. semuanya berbalik pada hati manusia.. kerana iman seseorang itu boleh bertambah atau berkurang..

hmm… orang tua itu ketinggalan waktu maghrib gara-gara diajak ngeteh ya..?

ada yang salah tuh, toleransi bukan teloransi😀

Bersikap melakukan pertentangan terhadap yang berbeda agama, bukan perkawanan dengan rasa ikhlas, berarti menunjukan belum memahami makna ajaran Islam yang sesungguhnya…..
Jadi nggak ada alasan untuk tidak berteman / berkawan / dengan yang berbeda agama….. salam🙂 apa kabar Blue?

Rasulullah Sallallahu’alaihiwasallam juga berhubungan baik dengan pemeluk agama lain🙂

Bekunjung blue🙂

maaf baru sempat mampir

keren nich blog
salam y

Rasulullah Sallallahu’alaihiwasallam mengajarkan untuk berbuat baik kepada sesama makhluk Allah swt. Yang diperangi adalah kekafirannya, bukan manusianya. Jadi tidak ada alasan untuk bersikap negatif kepada pemeluk agama lain, kecuali mereka telah menghina Rasulullah SAW, Al-Qur’an, Agama Islam, apalagi Allah SWT…

yang terpenting dari adanya perbedaan keyakinan adalah saling menghargai dan tidak saling mengganggu dan satu lagi janganlah pernah memaksakan keyakinan terhadap orang yang sudah mempunyai keyakinan

dan satu lagi Baginda Rasul adalah contoh Sauri Tauladan dalam menghargai setiap perbedaan

indahnya kisah keimanan yang mengalir dengan kata yang sangat nyastra…🙂

Assalaamu’alaikum wr.wb, nanda Blue yang diingati selalu..

Hadir untuk menyapa bagi terakhir kalinya sebelum mengundur diri dari keindahan persahabatan di maya. Bunda sangat menghargai segala sapaan dan silaturahmi selama kita bersama.

Kita hanya bertemu lewat catatan di poskad kenangan. Hanya memandang kaburan wajah di potret khayalan. Hanya mengetik huruf-huruf di tinta minda. Maafkan bunda lahir dan batin jika…. pada tutur kata yang sesekali mencalar hati dalam penulisan dan pendapat diberi.

Semoga Allah selalu memberkati persahabatan yang terjalin baik ini. Sebuah KENANGAN TERINDAH akan menyusul dalam diari kehidupan kita sebagai satu ikatan yang tidak bisa terlerai, andainya pertemuan itu bukan lagi milik kita. Doakan bunda dalam kehidupan ini di dunia dan akhirat. Aamiin.

Salam mesra penuh ukhuwwah berpanjangan hingga ke akhirat dari bunda Siti Fatimah Ahmad, Sarikei, Sarawak.

Makasih untuk Artikel dan Motovasinya🙂

menyentuh banget artikel nya

tulisannya bagus bgt

salam kenal yaa…thanx

bagus ya artikelnya…thanx

wow, bahasannya sangat baik. trima kasih sudah brbgai informasi bermanfaan ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

arsip bluethunderheart

my blue calendar

September 2011
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Blue Stats

  • 133,729 hits
%d blogger menyukai ini: